Rukun Islam




Distributor Pulsa Electrik Termurah


Rukun Islam terdiri dari :

1. MEMBACA SYAHADAT.

Kalimat Syahadat tersebut adalah La ilaha Illallah dan Muhammad Rosulullah"

Makna kalimat "La ilaha Illallah" Yaitu;

Secara harfiah adalah: "Tiada Tuhan selain Allah". Kalimat tersebut disebut juga Syahadat tauhid yang menurut istilah artinya "Tidak ada yang berhak diibadahi secara haq di bumi maupun di langit melainkan Allah semata".

Makna Syahadat "Muhammad Rasulullah" adalah :

Mengetahui dan meyakini bahwa Muhammad utusan Allah kepada seluruh manusia. dia seorang hamba biasa yang tidak boleh disembah, sekaligus rasul yang tidak boleh didustakan. Akan tetapi harus ditaati dan diikuti. Siapa yang menaatinya masuk surga dan siapa yang mendurhakainya masuk neraka.


2. MENDIRIKAN SHOLAT FARDLU LIMA WAKTU.

Sholat adalah ibadah kepada Allah SAW yang diawali dengan takbirotul ikhrom dan diakhiri dengan salam, dengan memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan secara khusus.

Allah mensyariatkan dalam salat, suci badan, pakaian, dan tempat yang digunakan untuk salat.Maka seorang muslim membersihkan diri dengan air suci dari semua barang najis seperti air kecil dan besar dalam rangka mensucikan badannya dari najis lahir dan hatinya dari najis batin.

Salat merupakan tiang agama. Ia sebagai rukun terpenting Islam setelah dua kalimat syahadat. Seorang muslim wajib memeliharanya semenjak usia baligh (dewasa) hingga mati. Ia wajib memerintahkannya kepada keluarga dan anak-anaknya semenjak usia tujuh tahun dalam rangka membiasakannya.Salat wajib bagi seorang muslim dalam kondisi apapun hingga pada kondisi ketakutan dan sakit. Ia menjalankan salat sesuai kemampuannya baik dalam keadaan berdiri, duduk maupun berbaring hingga sekalipun tidak mampu kecuali sekedar dengan isyarat mata atau hatinya maka ia boleh salat dengan isyarat.

Salat lima waktu terdiri atas :

1) Salat Shubuh,
2) Salat Dhuhur,
3) Salat Ashar,
4) Salat Maghrib dan
5) Salat Isya'.

Pembagian waktu salat fardlu :

a. Waktu salat Shubuh.
Yaitu dimulai dari munculnya mentari pagi di Timur dan berakhir saat terbit matahari.Tapi tidak boleh menunda sampai akhir waktunya.

b. Waktu salat Dhuhur.
Yaitu dimulai dari condongnya matahari hingga sesuatu sepanjang bayang-bayangnya.

c. Waktu salat Ashar.
Yaitu dimulai setelah habisnya waktu Dhuhur hingga matahari menguning dan tidak boleh menundanya hingga akhir waktu. Akan tetapi ditunaikan selama matahari masih putih cerah.

d. Waktu Maghrib.
Yaitu dimulai setelah terbenamnya matahari dan berakhir dengan lenyapnya senja merah dan tidak boleh ditunda hingga akhir waktunya.

e. waktu salat Isya'.
Yaitu dimulai setelah habisnya waktu maghrib hingga akhir malam dan tidak boleh ditunda setelah itu.

Seandainya seorang muslim menunda-nunda sekali salat saja dari ketentuan waktunya hingga keluar waktunya tanpa alasan yang dibenarkan syariat diluar keinginannya maka ia telah melakukan dosa besar. Ia harus bertaubat kepada Allah dan tidak mengulangi lagi.

3. MENGELUARKAN ZAKAT.

Adalah ibadah yang berupa mengeluarkan sebagian harta kepada mereka yang berhak menerimanya.
Allah telah memerintahkan setiap muslim yang memilki harta mencapai nisab untuk mengeluarkan zakat hartanya setiap tahun. Ia berikan kepada yang berhak menerima. Zakat ada dua yaitu zakat mal, dan zakat fitrah.

Adapun 8 golongan yang berhak menerima zakat. Yakni :

a. Fakir : orang yang tidak mempunyai harta dan usaha tertentu.
b. Miskin : orang yang mempunyai harta dan usaha tetapi tidak mencukupi.
c. 'Amil adalah orang yang bertugas mengurus zakat.
d. Mu'allaf adalah orang yang baru masuk islam.
e. Hamba adalah orang yang tidak merdeka (budak).
f. Orang berhutang atau Ghorim adalah orang yang mempunyai banyak hutang.
g. Sabilillah adalah orang yang berjihat dijalan allah.
h. Musafir adalah : orang yang berada dalam perjalanan dan tidak memiliki uang.

Manfaat mengeluarkan zakat antara lain : menghibur jiwa orang-orang fakir dan
menutupi kebutuhan mereka serta menguatkan ikatan cinta antara mereka dengan orang kaya.


4. MELAKUKAN PUASA ROMADLON

adalah ibadah menahan diri dari makan, minum, dan segala hal yang mampu membatalkannya, mulai terbit fajar hingga terbenam matahari, selama bulan suci romadlon atau bulan kesembilan dari bulan hijriyah.

Sifat puasa :

Seorang muslim berniat puasa sebelum waktu shubuh atau fajar terang. Kemudian menahan dari makan, minum dan jima' atau bersetubuh dengan istri/suaminya. hingga terbenamnya matahari kemudian berbuka. Ia kerjakan hal itu selama hari bulan Romadhon. Dengan itu ia menghendaki ridho Allah ta'ala dan beribadah kepada-Nya.


5. MELAKUKAN IBADAH HAJI BAGI YANG MAMPU.

Adalah rukun islam kelima yakni mengunjungi Baitullah atau ka'bah di masjidil haram Mekah dan melakukan amal ibadah seperti Thowaf, sa'i, wukuf yang dilakukan pada waktu tertentu. Haji ke baitullah Mekkah dilakukan sekali seumur hidup. Adapun lebihnya maka merupakan sunnah.



http://bit.ly/dropshiplapaktelusur

Related Posts:

Uncategorized
Dapatkan artikel terbaru Telusur Tutorial via RSS. Masukkan alamat email anda di bawah ini lalu tekan subcribe:
Komentari



Bookmark and Share

Responses

0 Respones to "Rukun Islam"

Post a Comment

 
Return to top of page Copyright © 2012 | Juscinth Grey Template design by Segawe Cyber Team