Pengertian, manfaat dan tujuan Jaringan Komputer




Distributor Pulsa Electrik Termurah

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah interkoneksi antara dua komputer atau lebih yang di hubungkan melalui media transmisi kabel atau tanpa kabel ( wireless ) dengan tujuan agar komputer satu dengan lainnya bisa saling bertukar data atau informasi, berkomunikasi ( (surel, pesan instan) ), penggunaan bersama perangkat keras ( hardware ) seperti printer, harddisk, dan Software/ progam aplikasi. Dengan terhubungnya komputer satu dengan lain memungkinkan kita dapat bekerja bersama dalam melakukan kegiatan yang di inginkan dengan tujuan tertentu. Agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan dinamakan klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan dinamakan pelayan (server). Dua komputer bisa di katakan terkoneksi apabila dapat saling bertukar data atau informasi, berbagi resource yang dimiliki, seperti: file, printer, media penyimpanan (hardisk, floppy disk, cd-rom, flash disk, dll) yang terhubung dalam jaringan komputer. Setiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node. Dalam membuat jaring komputer di perlukan sedikitnya dua unit komputer, kalo hanya satu unit komputer tidak akan bisa membentuk jaringan komputer.


Pengertian, manfaat dan tujuan Jaringan Komputer



Tujuan jaringan komputer adalah :

1. Saling berbagi data / informasi  dengan mudah dan cepat. Waktu yang di pelukan dalam mengirim data sangat cepat bisa di katakan dalam hitungan detik data yang kita kirim sampai ke tujuan.

2. Berbagi resource seperti file, printer, media penyimpanan (hardisk, floppy disk, cd-rom, flash disk, dll) .

3. Komunikasi antar pengguna jaringan : contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting.

4. Akses informasi: contohnya web browsing.



Berdasarkan geografisnya, jaringan komputer terbagi menjadi 3 jenis :

1. Jaringan wilayah lokal atau Local Area Network (LAN)

2. Jaringan wilayah metropolitan atau Metropolitan Area Network (MAN)

3.  Jaringan wilayah luas atau Wide Area Network (WAN)



Berdasarkan fungsi jaringan komputer di bedakan menjadi 2 :

1. Jaringan Client-Server

Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.

2. Jaringan Peer-to-peer

Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.


Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas 6 jenis:


1. Topologi bus

2. Topologi bintang

3. Topologi cincin

4. Topologi mesh

5. Topologi pohon

6. Topologi linier

Berdasarkan distribusi sumber informasi/data


1. Jaringan terpusat

Jaringan ini terdiri dari komputer klient ( klien ) dan server (pelayan) yang mana komputer klien yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer pelayan.

2. Jaringan terdistribusi

Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer pelayan yang saling berhubungan dengan klien membentuk sistem jaringan tertentu.

Berdasarkan media transmisi data :

1. Jaringan Berkabel (Wired Network)

2. Jaringan nirkabel(Wi-Fi)



http://bit.ly/dropshiplapaktelusur

Related Posts:

Komputer
Dapatkan artikel terbaru Telusur Tutorial via RSS. Masukkan alamat email anda di bawah ini lalu tekan subcribe:
Komentari



Bookmark and Share

Responses

1 Respones to "Pengertian, manfaat dan tujuan Jaringan Komputer"

Post a Comment

 
Return to top of page Copyright © 2012 | Juscinth Grey Template design by Segawe Cyber Team