Pengertian dan Sejarah Internet




Distributor Pulsa Electrik Termurah

A. Pengertian Internet

Internet merupakan jaringan komputer global yang menghubungkan komputer yang satu dengan komputer yang lain, dari satu negara ke negara lain di seluruh dunia. Sehingga komputer dapat saling berbagi dan memperoleh informasi. Internet merupakan sumber data dan informasi . artinya, kita bisa mencari dan mendapat data apa saja di internet. Bahwah bisa dikatakkan sebagai “perpustakaan” yang besar dan lengkap . Dengan begitu maraknya informasi dan kegiatan di Internet, menjadikan Internet seakan-akan sebagai dunia tersendiri yang tanpa batas. Dunia didalam Internet dinamakan dengan dunia maya (cyberspace)

Penyebaran informasi biasa melalui suatu halaman website yang dibuat dengan format bahasa pemrograman HTML (Hypertext Markup Languange). Untuk bisa menampilkan suatu halaman website di perlukan sebuah perangkat lunak / softwere yang di sebut dengan browser. Browser tersebut ada banyak jenisnya salah satunya adalah Internet Explore, Google Chrome, Opera, Mozilla Firefox, Safari dll. Softwere itu berguna untuk menampilkan / menerjemahkan HTML kedalam bentuk gambar, video, font dll. Layanan berupa situs yang digunakan dalam memudahkan pencarian informasi disebut dengan Web Search Engine. Web search engine contohnya adalah Google, Bing, Yahoo. Kita bisa mencari informasi dengan mengetik kata kunci pencarian kita di Web Search Engine tersebut.

B. Sejarah Internet


Internet pada awalnya terbentuk dari lingkungan militer, dibawah naungan Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Project Agency (ARPA). Sebelumya departemen ini memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubunngkan sebuah komputer sehingga membertuk jaringan organik. Dari riset tersebut ternyata membuahkan hasil dengan terbentuknya Jaringan komputer pertama kali pada tahun 1969. Pada saat itu jaringan komputer tersebut hanya terdiri dari beberapa komputer yang dihubungkan dengan kabel dan selanjutnya disebut dengan ARPAnet. ARPAnet sendiri dibangun dengan tujuan membuat jaringan komputer yang tersebar sehingga informasi tidak terfokus di satu titik yang diperkirakan akan mudah dihancurkan bila terjadi peperangan. Apabila satu bagian dari jaringan terputus, jalur yang melalui jaringan itu secara otomatis dipindahkan ke jalur lainnya.

Tahun 1972, Roy Tomiin berhasil menyempurnakan progam e-mail yang ia ciptakan untuk ARPANET. Progam ini sangat mudah sehingga langung populer saat itu. Jaringan komputer ARPANET mulai di kembangkan ke luar amerika pada tahun 1973. Komputer yang menjadi anggota jaringan ARPANET adalah Komputer Universitas College yang ada di London.

Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 maret 1976, ketika Ratu inggris berhasil mengirim e-mail dari Royal signals and Radar Establishment di Malvern. Pada tahun berikutnya, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET sebuah jaringan (network). Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka di butuhkan protokol resmi yang di akui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 di bentuk Transmission Control Protokol atau TCP dan Internet Protokol atau IP.

Untuk menyeragamkan alamat dijaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 di perkenalkan sistem nama domain, yang sekarang kita kenal dengan nama Domain Name System ( DNS ). Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada telah lebih dari 1000 komputer. Pada tahun 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan menjadi 10 kali lipat sehingga menjadi 10.000 lebih dan semakin lama semakin banyak hingga tak dapat kita hitung jumlahnya.




http://bit.ly/dropshiplapaktelusur

Related Posts:

Internet
Dapatkan artikel terbaru Telusur Tutorial via RSS. Masukkan alamat email anda di bawah ini lalu tekan subcribe:
Komentari



Bookmark and Share

Responses

0 Respones to "Pengertian dan Sejarah Internet"

Post a Comment

 
Return to top of page Copyright © 2012 | Juscinth Grey Template design by Segawe Cyber Team